Jaksa Penuntut Bacakan Dakwaan Arif Budiman

dakwa

Pekanbaru,skinusantara.comJaksa Penuntut bacakan dakwaan Arif Budiman selaku Direktur CV..Palem Gunung Raya pada sidang perkara tindak pidana korupsi yang digelar di Pengadilan Negeri/PN Pekanbaru,3 Agustus 2022.

Pantauan skinusantara.com,sidang yang dipimpin oleh Yuli Artha Pujayotama selaku Hakim Ketua dengan agenda pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum/JPU.

Screenshot 20220804 065754 2

Jaksa Penuntut pada dakwaannya menyatakan bahwa terdakwa Arif Budiman, SE selaku Direktur CV. Palem Gunung Raya berdasarkan Akta Notaris Nomor 15 tanggal 30 Agustus 2004 bersama-sama dengan saksi Indra Osmer Gunawan Hutauruk (dilakukan penuntutan dalam berkas perkara terpisah) selaku Officer Kredit Bank BJB Kantor Cabang Pekanbaru berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direksi.

Bahwa PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat & Banten, Tbk (BJB) yang merupakan perusahaan daerah dan kekayaan perusahaan merupakan bagian dari Keuangan Negara/Daerah Jawa Barat dan Banten yang merupakan perusahaan daerah dan kekayaan yang ada pada perusahaan merupakan bagian dari keuangan Negara/Daerah.

Bahwa Bank BJB Cabang Pekanbaru mempunyai fasilitas Kredit Modal Kerja Kontruksi (KMKK) yaitu fasilitas pembiayaan (kredit) yang diberikan untuk membiayai kebutuhan modal kerja kontraktor yang memperoleh kontrak pengadaan barang/jasa atau penyelesaian suatu proyek dalam rangka pelaksanan pekerjaan kontruksi, jasa konsultasi, atau jasa lainnya yang terdiri dari KMKK transaksional yang bersifat non revolving dan KMKK standby loan yang bersifat revolving dan dapat dilakukan penarikan apabila debitur telah mendapatkan pekerjaan dengan melampirkan dokumen yang sah karena sumber pengembalian berasal dari pekerjaan yang dilakukan debitur yang dibayarkan oleh pemberi kerja/bouwheer ke rekening yang ditunjuk.

Bahwa terdakwa merupakan Direktur CV. Palem Gunung Raya berdasarkan Akta Notaris H. Agus Salim, S.H Nomor : 15 tanggal 30 Agustus 2004 tentang Pendirian Perseroan Komanditer CV. Palem Gunung Raya yang bergerak dibidang kontruksi.

Bahwa tanggal 25 Maret 2015 Bank BJB Cabang Pekanbaru memberitahu terdakwa dengan surat nomor : 4/PKB-KRDKOM/III/2015 tanggal 25 Maret 2015 perihal pemberitahuan penegasan persetujuan pemberian kredit yang ditandatangani oleh saksi Dani Sutarman selaku Branch Manager, Yadi Cahyaman (Alm) selaku Senior Manager, dan terdakwa selaku Debitur yang menyetujui.

Bahwa pada tanggal 27 Maret 2015 terbit Akta Perjanjian Kredit Nomor 22 atas nama CV. Palem Gunung Raya melalui Notaris Erry Hendra Gunawan. Jenis Kredit yang diberikan adalah KMKK Standby loan dengan plafond maksimal sebesar Rp. 3.800.000.000 yang akan digunakan sebagai tambahan modal kerja untuk melaksanakan proyek pekerjaan yang ada di Pemerintah Provinsi Riau dan Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Riau TA 2015. Jangka waktu kredit adalah 12 bulan terhitung sejak tanggal 26 Maret 2015 s.d. 23 Maret 2016 dan bersifat revolving (penarikan dana sesuai kebutuhan debitur).

Screenshot 20220804 0657412

Bahwa akibat dari perbuatan terdakwa bersama-sama dengan saksi Indra Osmer Gunawan Hutahuruk menguntungkan diri terdakwa sebesar Rp. 7.233.091.582 dan mengakibatkan kerugian negara dalam hal ini PT. Pembangunan Daerah Jawa Barat Banten Tbk sebesar Rp. 7.233.091.582, berdasarkan Surat Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Riau tentang Laporan Hasil Audit Perhitungan Kerugian Keuangan Negara (PKKN).red

Pos terkait